Jasa Sertifikasi ISO 9001:2015

Jasa Sertifikasi ISO 9001:2015

Berikut penjelasan detail mengenai ISO dari Sertifikatin.com.

Apakah yang dimaksud dengan ISO , jenis ISO dan peruntukkannya ?

Organisasi penetap standar internasional dari wakil badan standarisasi nasional di setiap negara untuk mengukur mutu pada suatu organisasi atau perusahaan. Setiap perusahaan yang berkompetitif secara global bisa diukur kreadibilitas dan kelayakan operasionalnya dengan standar ISO ini.

Misi dari ISO adalah untuk mendukung pengembangan standarisasi Internasional dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya dengan harapan untuk membantu perdagangan internasional, dan juga untuk membantu pengembangan kerjasama bisnios secara global.

Kegiatan utama Organisasi ISO adalah menghasilkan kesepakatan-kesepakatan internasional yang kemudian dipublikasikan sebagai standar internasional.

Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG). Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.

Oraganisasi ISO merupakan pihak yang berperan sanagat penting dalam berjalannya dan memfasilitasi perdagangan internasional dan membuat semua prosedur perusahaan berjalan dengan baik dan benar. Organisasi ISO akan memberikan spesifikasi kelas dunia untuk berbagai macam hal prosedur, mulai dari produksi, sistem manajemen dan pelayanan bisnis untuk bisa memastikan kualitas, efesiensi dan keamanannya.

Perusahaan yang sudah memiliki sertifikat ISO berpeluang lebih unggul untuk persaingan di pasar global karena sudah memiliki jaminan kualitas produk mulai dari proses, manajemen hingga pengemasan produk, sehingga memiliki kredibilitas yang unggul dan baik di mata konsumen. Jasa Sertifikasi ISO.

Beberapa Jenis Sertifikasi ISO di Indonesia

ISO 9001:2015

Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001:2015 adalah sistem yang berisikan standar untuk manajemen mutu suatu barang atau produk maupun jasa, dimana standar ini di buat untuk menjamin kepuasan pelanggan, sekaligus menjadi branding perusahaan di mata para konsumennya.

Manajemen mutu  merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam kegiatan operasional, misalnya suatu perusahaan secara langsung dapat menentukan pilihan siapa pemasok bahan baku untuk kebutuhan produksi, maka perusahaan dengan jaminan mutu kualitas produk atau perusahaan yang sudah sertifikasi ISO yang akan dipilih dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki standar manajemen mutu.

Selain itu, manajemen mutu  juga bermanfaat bagi perusahaan secara internal terutama untuk menjamin barang atau jasa yang dihasilkan sesuai standar.  Maka dari itu sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki Sertifikasi standar manajemen mutu  ISO 9001:2015 merupakan salah satu framework standar manajemen mutu  yang diakui oleh dunia internasional. Jasa Sertifikasi ISO.

ISO 9001 sendiri telah mengalami perkembangan dan revisi sejak 1980, 1987, 1994, 2000, 2008, dan 2015 menyesuaikan kebutuhan manajemen kualitas pada masanya.

ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu  yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization dikenal juga dengan ISO yang berisikan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi sebuah perusahaan / organisasi dalam membentuk suatu quality management system [1]. Dengan berpedoman pada ISO 9001:2015 sebuah organisasi / perusahaan dapat melakukan evaluasi apakah produk (barang/jasa) dan proses yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dapat memenuhi keinginan / persyaratan dari customer secara konsisten.

Selain itu, penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 juga dapat memastikan konsistensi mutu produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan perusahaan ataupun pelanggan serta mencegah terjadi kegagalan mutu produk atau jasa sepanjang proses produksi.

Di Indonesia standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 diadopsi identik menjadi sebuah standar sistem oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) menjadi SNI ISO 9001:2015.

Standar ISO 9001 menggunakan pendekatan manajemen mutu  berorientasi pada proses. Untuk memastikan tingkat keberhasilan manajemen kualitas berorientasi proses, maka ISO 9001:2015 membutuhkan penerapan Siklus Deming – PDCA (Plan-Do-Check-Act) seperti diilustrasikan pada Gambar berikut. Jasa Sertifikasi ISO.

 

PDCA (Plan-Do-Check-Act)

7 Prinsip Utama ISO 9001:2015

Sistem manajemen mutu merupakan sebuah kesatuan antara struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses dan sumber daya yang digunakan serta saling berkaitan dalam menerapkan manajemen kualitas system.

7 Quality management Principles

Tujuh prinsip utama manajemen mutu ISO 9001:2015

1. Fokus pada pelanggan

Memenuhi dan melampaui harapan pelanggan

2. Kepemimpinan

Memberikan tujuan, arah dan keterlibatan

3. Keterlibatan sumber daya manusia

Pemberdayaan, peningkatan keterampilan dan pengetahuan.

4. Pendekatan Proses

Memahami proses untuk mengoptimalkan kinerja

5. Peningkatan

Untuk mempertahankan kinerja saat ini dan untuk menciptakan peluang baru

6. Pengambilan keputusan data dan fakta

Fakta, bukti dan analisis data untuk pengambilan keputusan.

7. Manajemen Relasi

Manajemen hubungan dengan stakeholder.

Sektor Industri
apa saja yang membutuhkan
ISO 9001:2015

  1. Industri Manufaktur
  2. Indsutri Pangan
  3. Industri Teknik
  4. Industri Medis dan Kesehatan
  5. Industri Teknologi
  6. Industri Perbankan
  7. Lembaga Kemanusiaan
  8. Perusahaan Penginapan
  9. Industri di bidang Jasa seperti Sekolah dan Universitas

Mengapa perusahaan perlu memiliki sertifikasi ISO 9001 ?

  • Perusahaan memiliki sistem jaminan kualitas dan mutu yang terstandarisasi internasional.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan calon customer.
  • Jaminan kualitas dan keamaan dimuali dari proses pembuatan produk hingga produk sampai dengan baik di tangan konsumen.
  • Menjamin kepuasan pelanggan serta membantu mengembangkan hal-hal baru agar tetap sesuai jalur dengan tujuan dan visi perusahaan.
  • Meningkatkan produktivitas operasional perusahaan.
  • Meningkatkan motivasi, moral, dan kinerja karyawan.
  • Meningkatkan kepercayaan dan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok.
  • Sistem terdokumentasi dengan baik
  • Meningkatkan cost efficiency.
  • Media untuk pelatihan dan pendidikan.
  • Meningkatkan komunikasi internal.
  • Meningkatkan image positif perusahaan.
  • Mencegah terjadinya kegagalan proses dan kerugian akibat terjadinya ketidaksesuaian mutu produk dan jasa.
  • Mempermudah perusahaan untuk melakukan audit secara internal
  • Memastikan mutu sebuah perusahaan. Tujuannya, supaya perusahaan bisa menjamin kualitas produk atau jasa yang dihasilkan.
  • Membantu perusahaan dalam menjamin kepuasan pelanggan serta membantu mengembangkan hal-hal baru agar tetap sesuai jalur dengan tujuan dan visi perusahaan.
  • Meningkatkan retensi dan akuisisi pelanggan.
  • Hasil yang konsisten, terukur, dan terpantau. Jasa Sertifikasi ISO

Berikut contoh penerapan standarisasi ISO 9001, yaitu:

  • Mewajibkan perusahaan memiliki kebijakan dan sasaran mutu. Perusahaan dapat menetapkan sendiri dari kebijakan dan sasaran mutu yang sesuai dengan karakter perusahaan. 
  • Perusahaan harus memiliki sumber daya yang baik, mulai dari sumber daya manusia dan infrastruktur. Sehingga, terdapat bentuk evaluasi sumber daya manusia untuk memastikan bahwa pekerja sudah berkompeten. 
  • Mewajibkan perusahaan untuk memiliki standar sebagai acuan untuk bekerja, agar tidak terjadi kesalahan. Bentuk standar acuan bisa ditetapkan oleh perusahaan sesuai karakter dari masing-masing perusahaan. Jasa Sertifikasi ISO.